Humas Itu Apa?

June 9, 2008 at 4:40 am (Uncategorized)

       Hubungan Masyarakat atau sering dikenal dengan Public Relations adalah usaha yang dilakukan dan direncanakan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga dengan masyarakat. Menurut John. E. Marston pada bukunya “Modern PR”, PR is planned, persuasive designed to influence significant public. dapat disimpulkan kalau PR merupakan gabungan dari ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, sosial, dan marketing, untuk membentuk perusahaan yang disukai dan dipercaya oleh masyarakat.

      Didalam perusahaan PR sangat dibutuhkan, selain intuk menjembatani antara perusahaan dan masyarakat, PR juga sebagai fungsi manajemen yang menilai sikap publik, melakukan suatu program kegiatan untuk meraih perhatian dari publik.

      Tujuan PR sendiri ada 2 golongan yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal. komunikasi internal bisa meliputi, memberikan informasi mengenai institusi, menciptakan kesadaran personil tentang institusi, menyediakan sarana untuk anggotanya agar ada feedback. komunikasi internal biasanya dilakukan kepada publik yang tergabung dalam institusi itu sendiri. komunikasi eksternal adalah untuk masyarakat, bisa meliputi informasi, motivasi untuk feedback, dll, yang bisa menciptakan goodwill untuk perusahaan atau organisasi.

oleh: Anita Permatasari

      Di 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: